Talenan. Ya, jika menyebut alat dapur satu ini rasanya memang mempunyai fungsi yang sederhana dalam memasak, namun sangat vital. Bayangkan saja, ketika hendak memotong sayur, apa yang biasanya Anda cari selain pisau untuk mengirisnya. Pasti Anda mencari talenan bukan? Ketika Anda hendak mencincang daging, apa yang Anda cari selain pisau dengan ketajaman maksimal? Talenan!.

Tak mungkin rasanya jika Anda mengiris sayuran atau daging hanya beralaskan meja atau porselen dapur Anda. Selain akan merusak meja atau porselen dapur, hal tersebut juga membuat masakan Anda nantinya menjadi tidak higenis. Nah, itulah sebabnya mengapa talenan begitu dibutuhkan.

Talenan Kayu VS Talenan Plastik

Memang, banyak sekali jenis dan kodel talenan di pasaran. Ini semua bergantung pada selera, apakah Anda lebih memilih talenan berbahan kayu atau plastik. Masing-masingnya mempunyai kelebihannya masing-masing. Talenan kayu misalnya, harganya terjangkau dan lebih awet hingga nanti. Sedangkan jika Anda memilih talenan plastik, maka talenan tersebut akan lebih ringan dengan berbagai warna dan model yang menarik.


Lalu, jika dilihat dari segi keamanan lebih baik manahkah antara Talenan Kayu dan Plastik?.

Berdasarkan beberapa sumber, banyak orang menganggap bahwa talenan plastik jauhlebih aman jika dibandingkan dengan talenan kayu. Pemikiran ini didasari oleh logika seperti:

  • Kayu memiliki tekstur yang lembab, sehingga lebih memungkinkan bagi kuman dan bekteri untuk tetap hidup dan berkembang.
  • Tekstur kayu yang berpori jauh lebih memiliki kesempatan untuk digunakan sebagai sarang kuman atau bakteri.

Meskipun secara logika kedua alasan di atas memang dapat diterima, namun anggapan yang mengatakan bahwa talenan plastik lebih aman dibandingkan dengan talenan kayu juga tidak sepenuhnya benar. Berdasarkan penelitian yang dikutip dari Huffingtonpost, Dean O, Cliver yang merupakan profesor dari University of California mendapatkan beberapa temuan, yakni:

  • Memang benar, pada talenan kayu kuman dan bakteri akan masuk melalui pori material. Namun, sesaat setelah bakteri tersebut masuk, dengan sendirinya kuman akan mati.
  • Sebaliknya, pada talenan plastik bakteri terjebak pada sayatan bekas pisau. Sehingga, dapat dijadikan tempat bagi kuman atau bakteri bersembunyi.

Kesimpulannya, Lebih Baik Mana?


Nah, melalui pemikiran-pemikiran di atas, baik talenan kayu ataupun talenan plastik, keduanya memiliki sifat bahan dasarnya masing-masing. Semuanya bergantung pada perawatan dan kebersihan talenan itu sendiri.

,Jika Anda memilih talenan kayu, maka pastikan bahan kayu tidak mudah keropos dan lapuk termakan usia. Juga, pilih bahan kayu yang memiliki serat padat agar lebih awet.

Sedangkan untuk talenan plastik, Anda harus pintar-pintar memilih bahan plastik yang berkualitas dan dan aman bagi kesehatan. Misalnya seperti Talenan dari Chopping Booard Maspion Plastic yang merupakan talenan yang sudah teruji kuat terhadap sayatan pisau dan bebas BPA. Sehingga, selain awet juga aman bagi kesehatan pemakainya.

Lalu jika sudah tahu kelebihan dan kekurangannya masing-masing, talenan mana yang Anda pilih?.